Selasa, 25 November 2008

T e m a n


Kita semua adalah manusia biasa. Ciri manusia adalah sifat sosial-nya yang membutuhkan orang lain dalam hidup ini.

Itu pula yang menjadi ciri hidup kita.


Kita perlu orang lain untuk bertahan hidup dan menghadapi berbagai masalah kehidupan. Tidak penting apapun latar belakangnya, karena kita memerlukan kehadiran semua pihak untuk membuat hidup kita berimbang sehingga bisa melangkah menatap masa depan dengan lebih positif.

Dalam membina sebuah hubungan, apapun itu, ada dua aspek yang diperlukan, yaitu sikap saling menghagai (respect) dan saling percaya (trust).

Dua hal tersebut harus ada agar hubungan antar individu terjalin dengan selaras. Kita bisa menetapkan siapa yang sungguh-sungguh merupakan teman kita dan siapa yang mengaku sebagai teman akan tetapi memiliki maksud lain dari pergaulan tersebut.

Teman akan menerima keadaan kita dalam susah dan senang. Teman sejati akan bertahan, meski banyak badai mewarnai hubungan antar pribadi.

Pertemanan tidak memerlukan kata-kata manis penuh basa basi dan tidak harus melalui prosedur rumit untuk mewujudkan sesuatu. Pertemanan juga tidak dibina dengan harus terus menerus kontak fisik. Pertemuan atau memberi kabar sesekali tetapi intens lebih bermakna daripada frekuensi yang sering tapi tidak mendalam...