Sabtu, 15 November 2008

Kekenyangan...

Kawan, kamu mungkin udah biasa dan udah pernah ngerasain gimana rasa nya lapar ?
Perut perih, badan lemes, gemeteran, dllsb ....
Juga di bulan Ramadhan, kita juga pernah ngerasain hal seperti itu... apalagi yang waktu Saur nya lupa pake niat untuk puasa.

Nah kawan, tapi apakah kamu juga pernah ngerasain gak enak akibat banyak makan ?
Soalnya, ternyata kekenyangan itu rasanya lebih parah dari kelaparan

Kalo ternyata ada yang belum pernah dan penasaran gimana rasa nya kekenyangan, ayo buruan di coba.....

Hari ini aku secara gak sengaja ngelakuin hal itu...

Jam 12.10 aku sampe di warung makan "Bu Joko - Masakan Sunda" di daerah Nagoya depan hotel Harmoni Batam. Busyeet dah, di sana aku lihat udah banyak orang yang makan dan masih banyak juga yang antri ngambil makanan., padahal dua tingkat tempatnya. (sayang aku lupa bawa kamera, mo minjem ponsel camera orang ntar takut dikirain mo macem2 lagi)

Di sini enak, kita makannya self service, ambil sesukanya, sesuaikan dgn duit di kantong. Semua hidangan di sajikan secara prasmanan di atas meja. Mulai dari tempe ampe ikan goreng , mulai terong balado ampe sayur nangka tersedia di sini, dan gak lupa ketinggalan sambel (aneka macam bentuk sambel ada) sama sayur asem nya. Tau kan masakan Sunda gimana ?
Setelah kita ambil makanannya, baru cari posisi meja yang kosong dan kemudian ada petugas yg mencatat apa2 yg kita ambil untuk kemudian kita bayar setelah makan (Aku sarani kalo mo ambil makanan ambil yang banyak, jgn malu2 dan jgn coba2 tuk gak bayar kalo udah makan , he-he-he-he )

Setelah dapet tempat duduk dan berdo'a (aku juga nyarani kalo mo makan baca do'a dulu) aku mulai mengisi mulutku dgn suapan2 nasi dan laukpauknya. Dan seperti aku bilang tadi ambil dengan porsi di atas rata2, soalnya kalo secukupnya pas pengen nambah, hrs bayar lagi. Dan kawan tahukan kalo nanggung itu gimana rasanya, ha-ha-ha-ha. Sebenernya porsi yg aku makan itu sdh lebih dari cukup, tapi kawan tetangga sebelah meja ku kebetulan lagi makan karedok dengan bumbu kacang yang begitu kental dan menggoda, apalag sayuranya terlhat begitu hijau dan segar-segar,
sehingga aku pun secara tidak sengaja jadi berteriak kepada tukang karedok yang juga mangkal disitu untuk minta satu porsi.

Nah lho, padahal nasi di depan ku masih separoh dan suapan tangan itu masih terus mengalir kemulutku... Dan pada saat karedok tersebut datang (ampun, porsinya ternyata bisa untuk orang dua) dan melihat tetangga di depan ku masih asyik menikmati makanannya, maka akupun mulai memasukkan karedok itu kedalam mulutku.....

And Then apa yang menjadi bayangan kawan akhirnya menjadi kenyataan. Perut ku mulai menolak pasokan konsumsi lebih dari kapasitas tampungnya, kalo mo brenti rasanya sayang, mo di buang ato di tinggalkan lebih sayang lagi, hiks-hiks-hiks. (Apalagi di bungkus, idiiihh, lebih gengsi lagi mbungkus makanan yg masih seperempat dan udah acak-acakan pula)

Akhirnya dengan perlahan-lahan aku habiskan semua makanan yang kupesan tadi dengan selamat walau di sertai dengan keringat dingin yang mulai mengucur karena nafasku sdh terengah-engah untuk mengunyah dan menelannya....

Kawan, setelah semuanya itu kualami maka reaksi yang kuungkapkan bahwa rasa lapar itu adalah seperti yang tertulis di atas, maka rasa kekenyangan itu lebih menyiksa lagi....

Kawan bisa bayangi gimana perut kita dalam keadaan penuh ? Mo duduk susah, berdiri nafas masih ngos-ngosan, mo jalan perut sakit, otot2 kita rasanya pegal dan kaku dan yang pasti keringet dingin terus menerus keluar dari badan kita. Mo minum juga udah kembung banget dan itu yang semakin membuat kita menderita.... Ampe karyawan nya bilang ke aku, "Sakit pak ? Koq pucat gitu mukanya ? dan kayaknya Bapak susah bernafas ya ?"

Dueng...... Aku hanya bisa tersenyum kecut kawan menanggapi pertanyaan seperti itu, dan ternyata benar bahwa sesuatu yang berlebihan itu memang tidak baik untuk kita...... Bagus nya emang yang sedang-sedang saja...
Ha - ha - ha - ha...
Udah dulu ach...